UPAYA MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK AKIBAT KECANDUAN GAME ON LINE PADA SISWA SMP SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI KONSELING KOGNITIF PERILAKU

  • Eka Erawati SMP Negeri 55 Surabaya
Keywords: Prokrastinasi akademik, kecanduan game, konseling kognitif perilaku

Abstract

Selama masa pandemi covid 19 banyak siswa mengalami permasalahan prokrastinasi akademik diakibatkan kecanduan game on line. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas konseling kognitif perilaku dalam menurunkan prokrastinasi akademik siswa akibat kecanduan game on line pada siswa SMP. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan hasil, dan (4) refleksi. Selanjutnya data jumlah tugas yang belum dikerjakan oleh siswa yang telah diberikan tindakan pada siklus ke satu dan siklus kedua dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif persentase. Hasil analisis data diperoleh rata-rata prosentase tingkat pokrastinasi data awal sebesar 83,2%. Pada siklus 1 mengalami penurunan 47,6% dan pada siklus II terjadi penurunan menjadi 16,4%. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan perilaku konseling kognitif efektif dalam mengurangi prokrastinasi akademik akibat kecanduan game online pada siswa SMP.

Published
2022-02-02
How to Cite
Eka Erawati. (2022). UPAYA MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK AKIBAT KECANDUAN GAME ON LINE PADA SISWA SMP SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI KONSELING KOGNITIF PERILAKU. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 2(2), 34-48. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v2i2.118