AFGD (Active Focus Group Discussion) dengan Media Karma Board sebagai Inovasi Game Pembentukan Karakter untuk Bimbingan dan Konseling Jenjang SMA

  • Agus Santoso UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Regina Zahara SMA Progresif Bumi Shalawat
Keywords: Karma Board, Pembentukan Karakter, Bimbingan dan Konseling di SMA

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berdasarkan kajian kepustakaan. Pemilihan pendekatan ini diharapkan dapat menggambarkan dengan detail tentang AFGD (Active Focus Group Discussion) dengan media karma board sebagai inovasi game pembentukan karakter untuk bimbingan konseling jenjang SMA. Pedoman penyusunan penelitian ini melalui tahapan-tahapan yang sistematis, sehingga diharapkan akan menghasilkan karya tulis yang komprehensif dan terstruktur. Hasil dari penelitian ini berupa kajian serta board yang disebut dengan Karma Board beserta cara penyampaian yang sesuai standard yang diharapkan dapat menjadi model media yang berguna dalam meningkatkan brand guru BK menjadi lebih baik terutama bagi pelajar di jenjang SMA.

Published
2020-06-28
How to Cite
Agus Santoso, & Regina Zahara. (2020). AFGD (Active Focus Group Discussion) dengan Media Karma Board sebagai Inovasi Game Pembentukan Karakter untuk Bimbingan dan Konseling Jenjang SMA. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 246-253. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v1i1.44